You need to enable javaScript to run this app.

Menyongsong Sukses di Masa Depan: WORKSHOP KARIR DAHSYAT SMK Muhammadiyah 1 Bantul Membekali Lulusan 2024 untuk Sukses di Dunia Kerja, Karir, dan Industri

Menyongsong Sukses di Masa Depan: WORKSHOP KARIR DAHSYAT SMK Muhammadiyah 1 Bantul Membekali Lulusan 2024 untuk Sukses di Dunia Kerja, Karir, dan Industri

SMK Muhammadiyah 1 Bantul baru saja menyelenggarakan WORKSHOP KARIR DAHSYAT pada tanggal 16 hingga 21 Mei 2024. Bertempat di Aula SMK Muhammadiyah 1 Bantul, acara ini dirancang khusus untuk membekali para lulusan tahun 2024 dengan keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk sukses di dunia kerja. Workshop ini memberikan berbagai materi yang sangat relevan untuk mempersiapkan mereka menghadapi dunia kerja di era digital saat ini.

Para pemateri yang hadir berasal dari Universitas SIBERMU dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Mereka menyampaikan materi tentang "Personal Branding dan Membangun Karir di Era 4.0". Materi ini sangat penting karena di era digital seperti sekarang, kemampuan untuk membangun dan mengelola citra diri (personal branding) menjadi kunci untuk mendapatkan perhatian dari calon pemberi kerja dan menciptakan peluang karir yang lebih baik. Dengan pengetahuan ini, para siswa diharapkan mampu memaksimalkan potensi mereka dan bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif.

Selain itu, workshop ini juga melibatkan guru-guru berkompeten dari SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Salah satunya adalah Jhoni Tri Ardianto, M.Pd., yang menyampaikan materi tentang "Mengenal Pasar Kerja Dunia Usaha dan Dunia Industri". Pak Jhoni menjelaskan tentang dinamika pasar kerja saat ini, berbagai jenis industri, dan peluang karir yang tersedia. Siswa diajak untuk memahami bagaimana cara bersaing di pasar kerja yang semakin kompetitif dengan tips-tips praktis yang diberikan.

Muhammad Ridwan, S.Psi., seorang guru BK, juga memberikan materi tentang "Mempersiapkan Diri dan Sukses untuk Wawancara Kerja". Sesi ini sangat penting karena wawancara kerja merupakan salah satu tahapan krusial dalam proses rekrutmen. Pak Ridwan membekali siswa dengan teknik-teknik wawancara yang efektif, cara menjawab pertanyaan dengan percaya diri, serta tips agar dapat meninggalkan kesan baik kepada pewawancara. Dengan bekal ini, para siswa diharapkan lebih siap dan percaya diri saat menghadapi wawancara kerja.

Nasmizartian, S.Th.I., seorang konselor di Musaba, menyampaikan materi tentang "Membangun Jejak Karir dan Sukses". Dalam sesi ini, para siswa belajar merencanakan karir sejak dini, menentukan tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta strategi untuk mencapainya. Pak Nasmi juga memberikan motivasi kepada siswa untuk tetap gigih dan tidak mudah menyerah dalam mengejar impian mereka. Materi ini memberikan inspirasi bagi para siswa untuk merancang jalur karir mereka dengan baik.

Workshop KARIR DAHSYAT ini sangat penting, terutama di era digital dan industri 4.0 yang terus berkembang pesat. Dunia kerja saat ini membutuhkan individu yang tidak hanya memiliki pengetahuan akademis, tetapi juga keterampilan praktis dan kemampuan adaptasi yang tinggi. Personal branding, misalnya, menjadi aspek yang tidak bisa diabaikan. Dengan memanfaatkan teknologi dan media sosial, para siswa bisa membangun citra diri yang positif dan menarik di mata calon pemberi kerja.

Selain itu, pemahaman tentang pasar kerja dan persiapan menghadapi wawancara kerja juga menjadi kunci sukses. Dengan bekal pengetahuan dari para pemateri yang berpengalaman, para siswa dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan di dunia kerja. Antusiasme siswa dalam mengikuti workshop ini sangat tinggi. Mereka terlihat sangat antusias dan aktif berpartisipasi dalam setiap sesi. Banyak dari mereka yang merasa bahwa materi yang diberikan sangat bermanfaat dan relevan dengan kebutuhan mereka.

Diharapkan setelah mengikuti workshop ini, para lulusan SMK Muhammadiyah 1 Bantul memiliki bekal yang cukup untuk meraih sukses di dunia kerja. Mereka diharapkan dapat menjadi generasi yang siap menghadapi tantangan, kreatif, dan inovatif dalam menciptakan peluang karir. WORKSHOP KARIR DAHSYAT ini bukan hanya sekadar kegiatan pembekalan biasa, tetapi merupakan investasi masa depan bagi para siswa. Dengan bimbingan dari para pemateri berpengalaman dan dukungan dari para guru, para siswa diharapkan dapat meraih sukses dan membawa nama baik almamater mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

Bagikan artikel ini:

Beri Komentar

Harimawan, S.Pd, T

- Kepala Sekolah -

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Salam sejahtera bagi kita semua. Puji syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, atas segala...

Berlangganan
Banner